Daftar 7 Game RTS PC Terbaik dan Paling Seru Dimainkan

Apa saja sih game real time strategy atau game RTS PC terbaik yang seru dimainkan? Baca ulasannya yuk.

Tidak semua games PC yang ada memiliki value untuk mengasah kemampuan berpikir yang kritis. Beberapa justru hanya diformulasi hanya untuk menembak dan bertempur. Namun untuk game PC dengan konsep Real Time Strategy atau RTS, kemampuan berpikir dan analisa justru dikedepankan. Dan berikut adalah daftar game RTS PC terbaik yang paling direkomendasikan untuk anda mainkan.

Game Real Time Strategy PC Terbaik

Dengan konsep strategi dan kemampuan manajerial, game RTS tidak melulu menyuguhkan scene pertarungan, tembakan, atau gerakan atraktif lainnya. Konsep dari game jenis ini adalah mengasah kemampuan gamer untuk mengelola tantangan dan risiko yang dihadapinya. Kemampuan menganalisa risiko dan membangun strategi inilah yang kemudian menjadi penentu kemenangan di akhir games.

Meski pun lebih menekankan teknik strategi atau siasat, bukan berarti game RTS membosankan. Justru storyline dan konsep ceritanya yang kuat adalah salah satu keunggulan game tipe ini. Di platform Personal Computer (PC) sendiri, ada cukup banyak game RTS yang dikembangkan. Namun, di antara jumlah yang banyak tersebut, berikut adalah game RTS PC terbaik yang seru untuk anda mainkan.

The Battle of the Middle Earth

game perang kerajaan offline pc

Hampir semua game dengan konsep RTS terinspirasi dari peperangan pada masa lampau yang kemudian divisualisasikan dalam cerita fiksi. Demikian juga dengan game The Battle of the Middle Earth yang tentu saja anda tahu, diangkat dari film fiksi sukses The Lord of The Rings. Seperti film nya yang luar biasa berhasil, game The Battle of the Middle Earth juga termasuk sebagai game strategi PC terbaik sepanjang masa.
[ads id="ads1"]
Tokoh-tokoh protagonis yang dimainkan di sini tidak hanya berfokus pada pertarungan melawan pasukan Orc yang menjijikkan. Namun yang lebih penting adalah bagaimana seorang gamer mampu mengatur siasat dalam melawan pasukan Orc pimpinan si Iblis Bermata Api. Dalam game ini anda akan mengendalikan Aragorn, Gandalf, Hobbits, dan lainnya untuk dapat memenangkan pertempuran di Dunia Tengah.

Age of Empire II

game membangun kerajaan offline pc

Seperti halnya The Battle of the Middle Earth, game Age of Empire II juga merupakan sebuah game RTS terbaik yang sangat populer untuk dimainkan. Kesamaan lain dari dua game ini adalah storyline yang juga berkisah tentang peperangan pada masa lampau. Namun dari sisi realitas, Age of Empire lebih ideal karena yang dihadapi adalah masa-masa kekuasaan feodal di Eropa.

Selain menuntut kemampuan bertarung dengan para penguasa yang menjadi musuh utama, dalam game ini anda lebih ditekankan memiliki kemampuan untuk mengatur strategi. Dan strategi ini juga sangat komprehensif karena terkait pula dengan membangun sebuah kekuatan dalam bidang militer, ekonomi, infrastruktur dan lain sebagainya.

Empire: Total War

game strategi offline pc

Game strategi PC offline terbaik selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Empire: Total War. Latar belakang game ini adalah peperangan yang terjadi di daratan Eropa pada abad ke-18 yang melibatkan negara-negara seperti Inggris, Perancis, Portugis, Jerman, dan lainnya. Dengan mengandalkan gaya peperangan masa itu, mengatur strategi dalam game ini sangat menantang untuk dilakukan.

Dari sisi persenjataan, semua pasukan menggunakan perlengkapan tempur yang pada masa itu terbilang sudah sangat mutakhir. Penggunaan meriam, senapan laras panjang, ranjau dan lain sebagainya akan membuat permainan semakin menarik. Akan tetapi kunci memenangkan game ini tentu saja adalah kemampuan mengatur siasat perang yang cerdik dan lebih unggul dalam  menghadapi musuh.

Stronghold: Crusader

game perang kerajaan offline pc

Perang Salib adalah salah satu momen sejarah yang cukup sensitif untuk didiskusikan sebenarnya. Ada banyak sejarawan yang kemudian tergoda untuk berupaya membuat narasi keliru dari kejadian sebenarnya, yang kemudian malah melahirkan perdebatan. Namun anda tak perlu pusing memikirkan hal tersebut dalam game Stronghold: Crusader. Yang perlu anda lakukan adalah bermain sebaik mungkin, dan menang.

Stronghold: Crusader merupakan game yang dikembangkan oleh Firefly Studios yang mengambil setting perang salib. Game ini juga mengadopsi nama-nama legendaris dari kedua pasukan, termasuk juga misalnya Shalahuddin Al Ayyubi dan Nuruddin Zanki dari pihak muslim. Sementara dari pasukan salib, hadir pula nama-nama ksatria templar seperti Richard the Lion Heart dan sebagainya.

World in Conflict

game strategi perang pc offline

World in Conflict adalah game sejarah yang mengangkat tema Perang Dunia I sebagai konsep dasar storyline-nya. Dua kekuatan utama yang akan beradu strategi dalam game RTS World in Conflict adalah Uni Soviet dan NATO. Dalam game ini anda bebas mau memilih memainkan yang mana, NATO  atau Pasukan Merah (Uni Soviet).
[ads id="ads2"]
Dari sisi persenjataan, game ini menyesuaikan dengan senjata-senjata perang yang digunakan pada masa Perang Dunia I yang sebenarnya. Keberadaan pesawat yang masih jadul, tank-tank berat dengan medan penuh lumpur, dan lain sebagainya. Selain kemampuan bertempur dengan perlengkapan jadul seperti itu, mengatur strategi perang yang efektif adalah kunci anda untuk memenangkan game ini.

Tropico 6

game strategi offline pc

Selanjutnya game RTS PC yang paling direkomendasikan adalah sebuah game unik dan menarik yang diberi label Tropico 6. Hal yang paling menarik dalam game ini adalah gamer akan menjadi seorang diktator bertangan besi yang berjuang dengan berbagai cara untuk memakmurkan negaranya. Nah untuk mencapai tujuan tersebut, kemampuan mengatur taktik adalah kuncinya.

Dalam mencapai tujuan memakmurkan koloni yang sedang dibangun, seorang gamer di Tropico 6 tidak hanya dituntut untuk bisa berperang saja, namun juga membangun pengaruh politik dan ekonomi. Di antara banyak cara yang dilakukan sebagai strategi dalam game ini adalah dengan menjalin hubungan serta memperoleh dukungan dari negara sekutu.

Company of Heroes

game strategi offline pc

Jika World in Conflict mengambil setting waktu Perang Dunia I sebagai basic storyline permainan, maka Company of Heroes terinspirasi dari peristiwa Perang Dunia II dalam pengembangannya. Maka memang jika dibandingkan dengan World in Conflict ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan pada banyak hal, terutama pada perlengkapan yang digunakan.

Rating Company of Heroes cukup tinggi untuk game dengan konsep real time strategy. Hal ini didukung pula oleh faktor grafis yang sangat sempurna serta komplikasi teknis permainan yang lengkap. Namun sejalan dengan dua hal itu, game Company of Heroes mungkin kurang cocok untuk para gamer yang masih awam dengan skema permainan ala RTS.

Ayo Mengadu Strategi!

Sebagai sebuah game strategi dan siasat, tentu saja game-game RTS  sangat menekankan kemampuan untuk menganalisa masalah, memetakan tujuan, serta mengatur cara untuk mencapai tujuan. Dalam berbagai situasi dan permainan, mengatur strategi taktik kadang justru jauh lebih sulit daripada terjun dalam medan pertarungan itu sendiri.

Dengan segala tantangan kesulitan mengadu strategi yang dimiliki oleh game dengan konsep RTS, tak heran mengapa pecinta game seperti ini tidak pernah berkurang. Nah sekarang untuk anda sendiri, dari daftar game RTS PC terbaik yang diulas di atas, game mana yang paling menarik untuk anda mainkan?

0/Post a Comment/Comments