10 Situs Tempat Download Template Blog (Gratis/Premium)

template blog responsif dan seo friendly
Sebagai seorang blogger, tentu hal utama yang harus diperhatikan pertama kali adalah memilih template yang sesuai dengan selera kita dan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini sudah banyak situs penyedia templat gratis dengan berbagai desain keren serta tidak mengabaikan optimasi SEO. Namun sebelum kamu memilih tema, ada baiknya mengecek beberapa point penting agar nantinya kamu tidak perlu lagi gonta-ganti templat.

Cara Memilih Template Yang Baik

Sebelum kita memilih template yang akan kita pakai, ada baiknya kita mengecek :

Struktur data 

Struktur data tool adalah alat yang dapat membantu kita dalam melihat schema yang terdapat dalam template serta melihat apakah ada kode schema yang error atau tidak. Tentu ini sangat penting karena berhubungan dengan bagaimana cara mesin pencari mengindex blog kita.

Untuk mengecek struktur data blog sudah bagus atau belum, kita bisa mengeceknya di Alat Pengujian Data Terstruktur. Ada 2 halaman yang harus kita check, seperti halaman depan dan artikel.

[ads id="ads1"]

Responsive/Mobile Friendly

Suatu keharusan jika template wajib responsive. ini dimaksudkan agar blog kompetibel dengan berbagai macam perangkat apapun, seperti desktop, smartphone atau tablet.

Untuk mengecek apakah template yang kamu inginkan sudah responsif atau belum, kamu bisa mengeceknya di Pengujian Situs Mobile-Friendly

Loading Blog

Salah satu faktor cepatnya blog kita di index adalah loading blog, semakin cepat loading blog maka semakin bagus di mata user dan dimata mesin pencari. Kami merekomendasikan load blog tidak boleh lebih dari 5-6 detik dan terbagusnya adalah 1-3 detik.

Untuk mengecek apakah blog sudah cepat atau tidak, kita bisa menggunakan beberapa tools, seperti GTmetrixPageSpeed InsightsWebPageTest

Berikut 10 situs penyedia berbagai tema blog yang dapat kita download secara gratis maupun berbayar

1. Kompi Template

download template blog gratis xml 2020
Kompi Template merupakan salah satu penyedia template blog gratis maupun premium dengan berbagai kategori, seperti AMP, Safelink, Megazine, Boostrap, Chord lagu, etc

Kompi Template sangat bagus untuk mencari template valid AMP karena pemilik sepertinya sangat fokus dengan AMP. Terbukti hampir semua theme yang dibuat mempunyai versi AMP.

2. Blanter Theme

template blogger gratis indonesia
Blanter Theme Merupakan tempat terbaik untuk mendownload berbagai macam theme blog gratis ataupun berbayar dengan tampilan modern.

[ads id="ads2"]
Berbagai keunggulan template blantertheme tentu tidak perlu lagi dipertanyakan, dan bagusnya lagi adalah, harga templat premium sangat murah namun tidak mengabaikan fitur-fitur penting, seperti SEO, Responsive, Fast Load, etc.

3. Idn Theme

download template blog responsive gratis
Idn Theme menyediakan berbagai template gratis dengan berbagai pilihan yang mungkin saja sangat cocok dengan niche kamu saat ini. Bisa dikatakan IdnTheme sangat bagus dalam desain, terbukti semua templatnya responsif dan terlihat modern.

4. Theme Indie

download template blog gratis xml 2020
Tidak diragukan bahwa pemilik situs ini, yakni bung frans juga sangat aktif dalam membuat berbagai macam theme blogger yang terlihat simpel namun indah dipandang mata. Banyak sekali pilihan categori, baik untuk personal, megazine,ect. Tentu ada 2 versi yang disediakan, yakni gratis dan premium.

5. Template Sugeng

template blogger gratis terbaik
Rasanya kurang afdol jika saya tidak memasukkan tamplate buatan mas sugeng ke dalam daftar ini. Bagaimana tidak, hampir semua para blogger mengakui templat buatan mas sugeng sangat bagus dari segi SEO dan sangat fokus memperbarui hasil ciptaannya. Yah walaupun tidak banyak pilihan dan semua templat yang disediakan berbayar.

6. Themexpose

download template blog gratis xml 2020
Themexpose adalah website penyedia templat gratis/premium dengan berbagai macam variasi desain yang modern dan enak di pandang. Koleksi templat yang mereka miliki sangat banyak sampai-sampai kita mungkin kebingungan memilih yang mana

7. Templatemark

download template blog gratis xml
Satu lagi tempat terbaik dalam mencari berbagai macam tema gratisan maupun premium. Templatemark mempunyai s\banyak pilihan, seperti niche download apk, streaming video, megazine, personal, etc.

8. Templates Yard | Kunjungi Situs/preview/button/#30336b
9. Gooyaabi Templates | Kunjungi Situs/preview/button/#30336b
10. Beatsnoop | Kunjungi Situs/preview/button/#30336b