Jika kamu biasa melihat-lihat blog orang lain yang membahas topik yang sama dan bertanya-tanya mengapa mereka memiliki pengunjung banyak?. Jika kamu membuat blog di niche populer seperti kesehatan, Asuransi, Kebugaran, Teknologi, Desain, Fotografi, Blogging, sebenarnya kita memerlukan strategi untuk membuat blog kita memiliki pengunjung banyak. Kita tidak dapat hanya mempublikasikan postingan yang sama dan membahas topik yang sama seperti orang lain dan berharap akan cepat melihat hasilnya. Dengan banyaknya blog lain yang sudah ada di niche yang kamu ambil, kamu harus menonjol dalam beberapa cara.
Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 cara berbeda untuk membuat blog kita memiliki pengunjung ramai, serta beberapa tips yang dapat kamu praktikkan untuk mewujudkan trafik yang banyak
1.Buatlah Keunikan.
Jika ada ratusan atau ribuan blogger lain yang mempublikasikan konten dengan topik yang sama dengan blog kamu, sangat penting bagi kita untuk mengambil prospek atau pendekatan yang unik. Jika blog kamu tidak berbeda, unik, atau istimewa dalam beberapa hal, itu mungkin tidak akan membuat kesan yang cukup kuat pada para pengunjung kita.Orang-orang yang mengunjungi blog kita kemungkinan mengunjungi beberapa blog lain di niche yang sama dengan blogmu.
Jika blog kamu terasa seperti "hanya blog lain", pembaca kemungkinan tidak akan tertarik dan tidak kembali lagi ke blog kita.
[ads id="ads1"]
Agar blog kamu berhasil dalam jangka panjang, kamu harus dapat mengembangkan basis pembaca yang setia dan benar-benar peduli dengan konten yang kamu terbitkan. Salah satu cara terbaik agar pengunjung tetap loyal adalah membuat blog kamu unik, dan kemudian membuat artikel yang jelas dan mudah dipahami bagi pengunjung blog kamu.
Mungkin kita tidak memiliki keahlian atau pengalaman yang sama dengan beberapa blogger kelas atas di niche kita. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara untuk menonjol meskipun kita tidak terlalu berpengalaman dalam niche kita.
Ambil contoh niche blogging keuangan pribadi. Banyak blogger keuangan yang sukses tetapi bukan seorang ahli keuangan atau investasi. Ada beberapa blog yang benar benar sukses yang di mulai dengan pengalaman mereka sendiri. Contohnya dalam cara mereka untuk membayar hutang atau pengalaman mereka dalam menuju kesuksesan finansial Masing-masing blogger memiliki pengalaman mereka sendiri yang membuat blog mereka unik.
Ketika pengunjung membaca artikel kita dan merasakan ada kesamaan dengan apa yang mereka alami, disitu lah ada hubungan pribadi dan sangat mungkin bila suatu saat mereka akan kemvali mengunjung kita suatu saat atau bisa saja mereka akan berlangganan via email karena merasa ada kesamaan dengan apa yang mereka alami.
Kesehatan dan property adalah niche ramai lainnya di mana banyak blogger tanpa keahlian sebelumnya menonjol, berkat pengalaman mereka sendiri. Contohnya adalah pengalaman penurunan berat badan berdasarkan pengalaman pribadi, belajar cara mengatasi anak yang sakit, atau permasalahan lain yang terjadi di kehidupan si blogger.
Kita semua memiliki kisah kita sendiri dan hal-hal tentang kita yang unik. Jika kamu ingin blog kamu menonjol dan kamu ingin pembaca tertarik ke blog kamu, temukan sudut dari situasi kamu sendiri yang membuat blog kamu unik, dan kemudian jelaskan kepada pengunjung di situs web kamu.
Tips: Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang membuat kamu dan blog kamu unik. Pikirkan tentang target pembaca kamu dan bagaimana kamu dapat menghubungkan antara permasalahan mereka saat ini dan permasalahan kamu (baik permasalahan kamu saat ini atau sesuatu yang telah kamu atasi di masa lalu).
2. Bangun Koneksi Kamu
Salah satu faktor terpenting dan sering diabaikan dalam kesuksesan blogging adalah koneksi. Setiap blogger yang sukses terhubung dengan baik dengan blogger lain dan orang-orang yang berpengaruh di niche mereka. Banyak blogger yang sukses mencapai kesuksesannya karena mereka memprioritaskan koneksi sejak awal.Ada beberapa cara agar kita dapat membangun koneksi yang kuat, diantaranya
- Peluang guest post
- Melakukan partnership dan collaboration
- Berbagi ke media sosial yang mengarah ke lalu lintas dan pembaca baru
- Tautan dari blog dan situs web lain
- Peluang untuk mempromosikan produk orang lain sebagai afiliasi
- Testimoni untuk blog, produk, atau layanan kamu
- Lebih banyak komentar di posting blog kamu
- Saran yang bermanfaat ketika kamu membutuhkannya
Sebagai seorang blogger, ada banyak cara untuk membangun jaringan. Koneksi terbaik dan terkuat biasanya dilakukan secara langsung, bertatap langsung adalah cara terbaik untuk mempercepat proses membangun keneksi. Tetapi bahkan jika kamu tidak dapat bertemu dengan blogger lain secara langsung, ada banyak kemungkinan untuk jaringan online. Salah satu cara termudah adalah meninggalkan komentar di blog lain. Setiap blogger suka mendapatkan komentar pada postingan mereka, dan jika kamu konsisten mengomentari blog tertentu, blogger itu pasti akan mengenali kamu.
Berbagi postingan blogger di media sosial juga merupakan cara yang bagus untuk jaringan. Saya suka menggunakan facebook untuk tujuan ini karena sebagian besar tautan yang mengarah ke blog saya lebih banyak di sumbangkan oleh facebook
Grup Facebook adalah cara terbaik untuk terhubung. Misalnya, bergabung dengan grup Facebook yang berhungan dengan niche kita (saya ambil contoh grup request dan download), kamu dapat dengan mudah terhubung dengan para anggota di sana dan melakukan aktivitas promosi atau semacamnya
Dan jangan takut untuk menjangkau blogger lain, perkenalkan diri kamu, dan beri tahu mereka bahwa kamu penggemar blog mereka. Beberapa koneksi terbaik yang saya pernah lakukan adalah dengan meperkenalkan diri saya melalui email sederhana. Ketika kamu bekerja untuk membangun jaringan kamu sendiri, ingatlah bahwa para blogger top mendapatkan banyak email, tweet, komentar, dan pesan setiap hari. Itu tidak berarti bahwa kamu tidak boleh menjangkau mereka, tetapi perlu diingat bahwa dalam banyak kasus kamu tidak akan mendapatkan respons karena mereka tidak punya waktu untuk menanggapi semua orang. Tetapi jika kamu fokus pada blogger yang lebih kecil kamu akan dapat membuat koneksi lebih mudah.
Tips : Buat daftar 5 blogger di niche kamu yang ingin kamu miliki sebagai bagian dari jaringan kamu. Koneksi yang ideal adalah orang-orang yang hanya sedikit di depan kamu dalam hal tahap blog mereka. Sekarang, berlanggananlah daftar email mereka atau umpan RSS, dan ikuti mereka di jejaring sosial apa pun yang kamu gunakan. Setiap kali mereka mempublikasikan posting baru kamu harus membaginya melalui media sosial (dan memberi tag atau menyebutkannya) dan meninggalkan komentar pada posting tersebut. Setelah melakukan itu dengan beberapa posting mereka kirimi mereka email untuk memperkenalkan diri. Kemungkinannya mereka akan mengenali nama kamu dari komentar dan berbagi media sosial. Jangan langsung meminta apa pun atau koneksi karena itu hanya akan "membunuhmu"
3. Jangan Mengandalkan Blog Lain Untuk Ide Konten
Setiap blogger membutuhkan ide untuk konten baru. Kebanyakan blogger beralih ke blog lain ketika mereka mencari ide. Ini bisa dari penelusuran di blog orang lain atau memeriksa fanspage untuk melihat topik apa yang bisa kita tulis. Ini kurasa kamu hanya akan membahas topik yang sama dengan setiap blogger lain di niche kamu.Jauh lebih mudah untuk menonjol dari kebanyakan orang jika kamu menulis beberapa posting tentang subjek yang tidak ditulis orang lain, atau jika kamu setidaknya mengambil pendekatan atau sikap yang unik pada topik yang dibahas orang lain (pembaharuan terhadap topik).
Ini bukan berarti bahwa kamu tidak boleh menulis tentang beberapa topik yang sama yang dibahas oleh blog lain di niche kamu atau bahwa semua artikel kamu harus fokus pada ide yang sama sekali baru. Tetapi setidaknya beberapa artikel kamu harus terasa segar bahkan bagi pengunjung yang sudah membaca banyak artikel di blog lain di niche kamu. Beralih ke blog lain untuk mencari ide, tapi beralihlah ke pengalaman kamu sendiri. Apa yang telah kamu alami atau apa yang kamu ketahui bahwa orang lain mungkin tidak?. Ini juga kembali ke poin pertama tentang keunikan
Jika kamu fokus pada topik, pengalaman, dan situasi yang membuat kamu unik, jauh lebih mudah bagi blog kamu untuk menonjol.
Misalnya, ketika saya memulai blog keuangan pribadi saya tidak bermaksud mempublikasikan banyak hal tentang kehidupan saya sendiri atau keuangan saya. Tetapi ketika saya melihat-lihat ratusan, mungkin ribuan, blog keuangan lain, saya tahu saya perlu menerbitkan sesuatu yang akan menonjol.
Saya memikirkan pengalaman saya sendiri dan memutuskan untuk menulis artikel yang lebih pribadi, contohnya saja "Bagaimana Saya Menghasilkan 1 Juta uang dari Blogging". Jika kamu berpikir tentang pengalaman kamu sendiri dan kekuatan kamu sendiri, kamu harus dapat menghasilkan beberapa artikel unik yang lebih dari sekadar mengulangi apa yang telah diterbitkan setiap blog lainnya. Kamu tidak perlu terlalu berpengalaman dalam niche yang kamu buat.
Misalnya, blogger lain yang masih baru mungkin tidak memiliki pengalaman yang sama dengan yang saya miliki, tetapi mungkin dia dapat menulis artikel tentang A-Z bisnis dari 0 - 10.000 tampilan halaman pada tahun 2019.
Tips : Keluar dari rumah. Ambil buku catatan dan pulpen dan luangkan waktu beberapa menit untuk bertukar pikiran kepada orang. Fokus pada pemikiran dan pengalaman kamu. Apa yang kamu ketahui atau lakukan lebih baik daripada yang lain? Munculkan beberapa ide untuk di posting ke blog
4. Fokus Konten Kamu Pada Beberapa Topik Utama
Kurangnya fokus adalah masalah utama bagi banyak blog. Ketika pengunjung baru tiba di blog kita, kita harus dapat dengan cepat memberi tahu tentang apa yang ada blog kamu dan topik apa yang harus mereka temukan di blog kamu.Jika pengunjung melihat artikel tentang berbagai topik, mereka tidak akan tahu apa yang diharapkan dari kamu di masa akan datang. Kemungkinannya adalah, mereka tidak akan tertarik dengan semua topik yang kamu publish. Jika mereka melihat konten yang tidak menarik bagi mereka, mereka tidak akan berlangganan via email kamu atau kembali ke blog kamu di lain waktu.
[ads id="ads2"]
Sebuah blog yang sangat fokus pada beberapa topik utama, atau bahkan hanya satu topik utama, akan jauh lebih menarik bagi pengunjung yang tertarik dengan topik itu. Mereka akan merasa bahwa blog jauh lebih relevan bagi mereka dan mereka mungkin akan senang untuk kembali lagi nanti dan melihat konten baru kamu.
Memiliki fokus yang ketat pada beberapa topik utama juga bagus untuk SEO. Cara ini memudahkan Google untuk mengetahui tentang blog kamu, dan kamu cenderung mendapat peringkat lebih tinggi untuk pencarian yang relevan.
Tips: Lihatlah kategori yang kamu gunakan untuk posting blog kamu dan topik yang tertaut di menu navigasi kamu. Apakah mereka semua terkait erat satu sama lain? Jika tidak, mungkinkah pengunjung akan tertarik pada semua topik yang kamu publish? Pikirkan kembali topik yang kamu bahas jika perlu. kamu mungkin ingin menyesuaikan menu navigasi kamu untuk lebih jelas menyajikan topik yang kamu publish.
5. Fokus Pada Kualitas Bukan Kuantitas
Beberapa blog mempublikasikan banyak postingan setiap hari. Di satu sisi orang lain hanya dapat mempublikasikan postingan baru seminggu sekali bahkan ada yang sebulan sekali. Jangan mencoba bersaing dengan blog lain di niche kamu hanya dengan menerbitkan lebih banyak konten.Akan selalu ada blog lain yang menerbitkan lebih dari yang kamu bisa, dan kamu pasti akan kehabisan ide. Fokuslah untuk menciptakan konten dengan kualitas terbaik.
Jika kamu benar-benar ingin menonjol, fokuslah masalah kualitas jauh lebih baik dari pada kuantitas.
Menerbitkan ratusan postingan biasa-biasa saja tidak akan menarik pembaca setia. Tetapi menerbitkan beberapa postingan yang luar biasa tentu akan membantu kamu untuk menonjol. Kamu membutuhkan konten yang membuat perbedaan.
Tips : Jika kamu biasa menerbitkan 3 kali per minggu dan postingan kamu tidak ada kemajuan. Kurangi menjadi satu kali per minggu dan lakukan revisi terhadap artikel kamu.
6.Jangan Mencoba Melakukan Pekerjaan Saat Bersamaan
Saat kamu mencoba membuat blog dan menumbuhkan pembaca, salah satu tantangan terbesar yang akan kamu hadapi adalah memutuskan bagaimana menggunakan waktu kamu. Tidak peduli berapa lama kamu harus bekerja di blog kamu, itu tidak akan pernah cukup untuk menyelesaikan semuanya.Tugas blogging kamu akan mencakup menulis dan menerbitkan konten blog kamu, melakukan desain dan tata letak blog kamu, mengelola profil media sosial kamu, mengembangkan daftar email kamu dan tetap berhubungan baik dengan pelanggan kamu, meninggalkan komentar di blog lain, menanggapi komentar pada posting kamu sendiri, mungkin menulis guest post untuk dipublikasikan di blog lain, dan banyak lagi.
Jika kamu mencoba untuk melakukan segalanya dan mencoba melakukannya saat bersamaan, kamu cenderung akan memutar roda kamu dan tidak membuat banyak kemajuan. Cobalah memfokuskan waktu kamu di beberapa tempat tertentu yang kamu anggap penting.
Media sosial sebagai contoh masalah. Dari pada mencoba menjadi sangat aktif di Pinterest, Facebook, Twitter, Instagram, dan situs media sosial lainnya, pilih satu atau dua dan luangkan sebagian besar waktu dan upaya kamu di sana. Kamu kemungkinan akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan memfokuskan upaya kamu pada satu jejaring sosial daripada meluangkan waktu kamu secara merata di 4 atau 5 jejaring sosial. Kamu tetap bisa menggunakan banyak jejaring sosial tetapi luangkanlah banyak waktu ke jejaring sosial yang kamu anggap menguntungkan.
Tips : Pilih satu jejaring sosial yang populer di kalangan pemvaca target blog kamu. Luangkan waktu setiap hari untuk aktif di situs jejaring sosia dan untuk membangun "profil" kamu di sana.
7. Kesabaran
Saya sudah blogging setidaknya mulai tahun 2014 kemudian saya rehat dari blog pada pertengahan tahun 2015, ini karena saya ingin fokus ke tujuan saya dan baru pada akhir tahun 2018 saya memulai blogging lagi. Salah satu kesalahan paling umum yang saya lihat sekarang ini adalah blogger gampang menyerah.Blogging bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang, tetapi butuh waktu, tenaga, dan kesabaran. Kita tidak boleh menyerah hanya karena kita tidak segera melihat hasilnya. Meskipun ada beberapa blog langka yang popularitas dengan sangat cepat, itu karena mereka adalah kaum "minoritas".
Sebagian besar blog yang sukses membutuhkan waktu untuk berkembang. Terkadang membutuhkan waktu yang lama, bisa satu tahun atau bahkan lebih sebelum kita dapat benar benar mulai melihat hasil jerih payah kita, apalagi kalau kamu baru di dunia blog.
Menurut saya, penting untuk memulai dengan fokus jangka panjang, dan ini sangat penting jika kamu berada atau memilih niche yang mempunyai daya saing ketat (contohnya Niche bisnis/asuransi).
maxmanroe adalah salah satu contohnya. Mereka telah membangun blog yang bagus, tetapi itu tidak terjadi dalam semalam. Dia berusaha dan memiliki kesabaran untuk menunggu hasilnya, dan sekarang dia mendapat manfaat dari kesabaran itu.
Tip: Tuliskan beberapa tujuan realistis untuk blog kamu yang ingin kamu capai selama 6 bulan dan 1 tahun ke depan. Sekali seminggu bacalah tujuan-tujuan kamu dan tetapkan daftar tugas yang harus dilakukan yang akan membantu kamu mengembangkan blog dan mencapai target kamu itu.