15 contoh search engine beserta Penjelasannya

macam macam search engine

Diera digital saat ini, kebutuhan akan informasi sangat dibutuhkan oleh tiap individu atau masyarakat maupun bagi organisasi. Hadirnya Search engine memberikan kemudahan dalam mengakses internet dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menemukan berbagai informasi penting.

Dikutip dari wikipedia, pengertian search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.

Berdasarka situs statcounter, ada 6 mesin pencari yang mengusai pangsa pasar saat ini. Google masih mendominasi pangsa pasar, diikuti Bing, Yahoo, Baidu, Yandex RU, dan DuckDuckGo.

pangsa pasar mesin pencari

Jika melihat gambar diatas. Belum ada yang mampu menggeser dominasi Google. Sangat mengejutkan memang, seolah-olah hanya google lah mesin pencari di dunia ini, Padahal banyak mesin pencari selain google yang mungkin saja bisa memberikan solusi terbaik dan menjamin hak privasi bagi pengguna.

Manfaat search engine

Bisa dikatakan mesin pencari sangat bermanfaat bagi individu, organisasi, dan masyarakat. Mengingat banyaknya web di internet, tentu mesin pencari sangat membantu individu atau masyarakat untuk mencari dan mengakses informasi di situs web, baik dibidang kesehatan, bisnis, hiburan, berita, pemerintah dan e-commerce.Jika bukan karena search engine, mungkin web tidak akan menguntungkan atau bermanfaat bagi banyak orang

Mesin pencari memiliki dampak sosial membuat informasi lebih gampang diakses dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menemukan informasi yang diinginkan, sehingga membuat orang lebih efisien. organisasi pun mendapat manfaat karena mereka dapat menjangkau konstituen mereka untuk memberikan informasi dan menumbuhkan komunitas praktik.

Cara kerja search engine

Secara sederhana mesin pencari memiliki tiga fungsi utama, yaitu :

1. Perayapan/Crawl

Ini adalah cara yang digunakan search engine untuk mencari tahu apa yang di terbitkan di www. Pada dasarnya, perayapan adalah proses menyalin apa yang terdapat di halaman web dan berulang kali memeriksa halaman tersebut, dimana ini berfungsi untuk mengetahui apakah halaman mengalami perubahan atau tidak. Jika terdapat perubahan maka

2. Index

Setelah search engine melakukan perayapan halaman web, maka salinan yang dibuat akan disimpan di pusat data. Setelah halaman berada dalam penyimpanan, halaman tersebut akan di proses untuk ditampilkan sebagai hasil/result dari permintaan yang relevan

3. Rank

Setelah index dilakukan, maka saatnya mesin pencari melakukan seleksi berdasarkan permintaan dan menampilkan sebagian konten yang dianggap sangat relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Saat ini banyak sekali macam-macam mesin pencari yang bisa dipakai pengguna, ada yang hanya menampilkan sebuah data dan fakta, ada yang bisa membantu mencari informasi yang sulit dicari dan bahkan ada mesin pencari yang bisa mencari percakapan seseorang berdasarkan kata kunci.

[ads id="ads1"]

Ok mari kita bahas berbagai mesin pencari dibawah ini dan apa saja kelebihan dan kekurangannya masing-masing

15 Contoh mesin pencari

1. Google

macam macam search engine

Semua orang pasti sudah mengenal mesin pencari ini. Berkat teknologi dan tampilan yang begitu sederhana, Google dapat merajai mesin pencari. Tidak seperti Yahoo yang menyajikan berbagai konten pada halaman utama mereka. Google justru hanya menampilkan SearchBox demi kenyamanan pengguna, dan berkat algoritmanya yang memanfaatkan PageRank, retrieval (IR), proximity, dan anchor text, Google mampu menampilkan informasi atau site yang dibutuhkan pengguna dengan cepat.

Kelebihan Google

  1. Mampu memberi informasi konten terbaru dengan cepat.
  2. Hasil pencarian sangat relevan
  3. Sensitif terhadap kata
  4. Menawarkan fitur yang disempurnakan. (Contoh Google Maps)
  5. Mampu mengoreksi ejaan kata

Kekurangan Google

  1. Mengumpulkan data pengguna untuk keperluan bisnis (Informasi personal dan aktivitas)
  2. Selalu bermasalah perihal privasi pengguna
  3. Kredibilitas pencarian dipengaruhi oleh tren SEO (Search Engine Optimization)

2. Bing

macam macam search engine

Bing adalah adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh microsoft dengan menerapkan teknologi PowerSet. Tapi seiring berjalannya waktu, Bing juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan melakukan kolaborasi dengan mesin pencari Yahoo dan AOL demi menyaingi Google. Ada satu kelebihan yang paling menonjol dari bing yang mungkin saja tidak dimiliki oleh pesaingnya, yaitu fitur kotak detail pada link hasil pencarian, dimana kita dapat melihat sebagian cuplikan informasi yang ada pada link tersebut. Contoh jika pengguna memasukkan kata kunci "Review Razer Phone 2" maka dengan mudahnya pengguna dapat melihat sebagian ulasan tanpa harus menklik link tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.

macam macam search engine

Tanpa harus masuk ke link tersebut. Pungguna sudah disajikan sebagian ulasan dari web tersebut.

Kelebihan Bing

  1. Melakukan Crawls pada konten yang tersembunyi dan tidak tersembunyi secara merata.
  2. Pencarian gambar lebih sempurna
  3. Dalam pencarian video, pengguna dapat melihat sekilas tentang video tersebut (pratinjau)
  4. Pengguna dapat menyesuaikan filter teks, gambar dan video.

Kekurangan Bing

  1. Terlalu banyak iklan pada hasil pencarian tertentu.
  2. Hasil pencarian cukup rendah
  3. Peringkat situs forum sangat rendah pada hasil pencarian

3. Yahoo Search

macam macam search engine

Mesin pencari Yahoo dulu begitu terkenal pada tahun 90an hingga tahun 2000an. Tapi seiring berjalannya waktu yahoo mulai ditinggalkan oleh penggunanya, karena waktu itu kecepatan internet masih tergolong masih lambat dan kebetulan halaman depan Yahoo begitu berisi dengan banyak topik, membuat pengguna sedikit sulit untuk mengakses yahoo

4. Baidu

macam macam search engine

Baidu merupakan search engine yang paling banyak digunakan di Tiongkok dan berada di urutan 3 di dunia setelah Google dan Youtube (Versi alexa rank). Baidu begitu dominan di negeri tirai bambu semenjak Google dan Bing diblokir di negara tersebut. Tidak hanya itu, masyarakat di sana lebih suka memakai produk buatan dalam negeri. Inilah yang membuat Baidu berkembang pesat hingga saat ini

Kelebihan Baidu

  1. Sangat mudah mencari topik berita
  2. Mengutamakan informasi edukasi
  3. Mudah mencari lagu

Kekurangan Baidu

  1. Loading terkadang masih terasa lambat
  2. Informasi yang disediakan sangat terbatas
  3. Keamanan masih buruk

5. DuckDuckGo

contoh search engine

DuckduckGo merupakan mesin pencari yang menjaga privasi kamu. Mereka mengatakan tidak akan mengumpulkan atau menjual data pengguna kepada para pengiklan. Tapi pada kenyataannya meraka tetap menjual kata kunci untuk para advertising. Bisa di lihat ketika kita memasukkan kata kunci semisal "domain murah" maka akan terlihat iklan di peringkat teratas di halaman mereka. Ini membutkikan bahwa mereka tetap mengumpulkan data kata kunci yang paling banyak diketik di halaman DuckduckGo.

Kelebihan DDG

  1. Menjaga privasi pengguna
  2. Hasil pencarian cepat

Kekurangan DDG

  1. Hasil pencarian tidak diberi tanggal
  2. Hasil pencarian gambar cukup terbatas

6. Yandex

contoh search engine

Yandex adalah mesin pencari paling banyak digunakan di Rusia, Turki, Ukraina, Belarus, Kazakhstan. Bisa dikatakan Yandex hampir sama dengan Google, baik dari segi fitur dan produk yang ditawarkan. Tak heran jika Yandex mampu bersaing

7. StartPage

 mesin pencari selain google

Sebenarnya Startpage hanya membeli hasil pencarian Google kemudian menampilkannya di laman mereka. Tapi ada keistimewaan dari Startpage, yaitu tidak ada pelacakan data yang terpasang. Walaupun saya kurang yakin dengan apa yang mereka katakan, karena ketika saya mengetik kata kunci "harga hosting termurah" yang muncul di peringkat 3 teratas adalah iklan. Ini mengartikan bahwa mereka tetap mengambil data kita kemudian menjualnya ke para pengiklan.

[ads id="ads2"]

Kelebihan Starpage

  1. Menjaga kerahasian data pengguna
  2. Dapat menyarin hasil pencarian

Kekurangan Startpage

  1. Tidak mampu mengoreksi ejaan kata

8. Dogpile

 mesin pencari selain google

Dogpile bisa dibilang kurang terkenal jika dibanding dengan mesin pencari lain seperti Google, Bing, Yahoo, Baidu, DuckDuckGo, dan Yandex. Terlebih tampilannya terlihat sangat jadul. Tapi siapa sangka Dogpile sangat bisa diandalkan dalam mencari informasi, karena dogpile adalah metasearch, yang artinya dogpile mendapatkan hasil pencarian dari beberapa mesin pencari dan direktori, kemudian menyajikannya kepada para pengguna.

Kelebihan Dogpile

  1. Tidak menyimpang riwayat penelusuran
  2. Hasil pencarian cepat
  3. Mengambil banyak basis data untuk hasil lebih luas

Kekurangan Dogpile

  1. Terlalu banyak iklan
  2. Hasil pencarian tidak diberi tanggal
  3. Kurang personalisasi halaman utama

9. Archive

mesin pencari selain google

Bisa dikatakan archive bukan sebagai mesin pencari, tapi lebih kepada direktori, dimana masih ada campur tangan manusia agar web bisa ditampilkan pada hasil pencarian. Walaupun demikian tetapi Archive sangat bagus unuk mencari sebuah konteks sejarah yang mungkin saja tidak ditemukan dimesin pencari seperti Google.

Kelebihan Archive

  1. Banyak arsip berita, situs web, musik dan masih banyak lagi.
  2. Pencarian lebih spesifik juga tersedia.

Kekurangan Archive

  1. Jumlah konten yang diarsipkan bisa sangat banyak
  2. Butuh keterampilan untuk menggunakan pencarian lanjutan

10. Ecosia

15 contoh search engine

Ecosia pada umumnya hampir sama dengan mesin pencari lainnya. Hanya saja mereka berkomitmen menyumbang 80% atau lebih dari keuntungan yang mereka dapat untuk keperluan penanaman ulang hutang yang ditebang. Selain itu ecosia menghargai hak privasi dan menjunjung tinggi hak kebebasan berinternet.

Kelebihan Ecosia

  1. Dapat menfilter video, audio, gambar dan teks
  2. Pencarian sangat relevan
  3. Turut membantu reboisasi

Kekurangan Ecosia

  1. Hasil pencarian kurang

11. Qwant

mesin pencari selain google

Mesin pencari Qwant juga memberikan perlindungan data pengguna. Hasil pencarian berdasarkan pada teknologi mereka sendiri. Qwant berkomitmen memberikan informasi senetral mungkin tanpa menyembunyikan atau mengabaikan web.

Kelebihan Qwant

  1. Pencarian secara anonim
  2. Didukung pencarian musik, berita, belanja

Kekurangan Qwant

  1. Navigasi masih buruk
  2. Hanya server EU

12. Ccsearch

15 contoh search engine

Ccsearch CC merupakan mesin pencari yang memungkinkan karya publik digunakan oleh semua orang. Baik itu audio, gambar, dan video. Ccsearch juga berencana menambah satu media lain yaitu teks. Jangan kuatir masalah hak cipta karena semua yang mereka tampilkan sudah berada di naungan licensi Creative Commons, yang artinya kita berhak menggunakannya tanpa ada tuntutan sama sekali.

Kelebihan Ccsearch

  1. Semua gambar, video, audio dapat digunakan untuk keperluan pekerjaan non profit

Kekurangan Ccsearch

  1. Semua karya yang sudah berlisensi creative commons tidak dapat dicabut

13. Swisscows

15 contoh search engine

Swisscows adalah mesin pencari yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menentukan konteks queri pengguna. Ada beberapa keunikan dari mesin pencari ini, yaitu Swisscows berkomitmen untuk memberikan hasil pencarian yang ramah keluarga, dimana tidak akan menemukan konten kekerasan, kebencian atau pornografi. Selain itu meraka sangat menjaga hak privasi sebagai pengguna mesin pencari swisscows

Kelebihan Swisscows

  1. Mempromosikan pendidikan media digital dan nilai-nilai moral
  2. Dilengkapi pencarian musik
  3. Pencarian sangat relevan
  4. Membantu mencari subjek terkait

Kekurangan Swisscows

  1. Filter anak tidak dapat dimatikan

14. Yippy

mesin pencari selain google

Yippy adalah mesin metasearch dengan teknologi terbaru untuk mencari halaman yang berada di deepweb serta web yang belum terjama sekalipun. Jika ingin mencari informasi tidak jelas, informasi yang sulit dicari, berita terkini atau penelitian akedemi. Maka gunakan yippy search karena mereka memberikan hasil dalam format cluster

Kelebihan Yippy

  1. Dapat memblokir situs yang tidak diinginkan
  2. Terdapat topik terkait di sebelah kiri halaman

Kekurangan Yippy

  1. Tidak ada fitur filter
  2. Didukung iklan

15. Wolframalpha

mesin pencari selain google

Worlframalpha merupakan mesin pencari yang sangat berbeda dari yang lain. Alih-alih menyajikan konten web terbaik, wolframalpha hanya menampilkan data dan fakta. Ini berarti kita hanya bisa memasasukkan kueri faktual.

Kelebihan Wolframalpha

  1. Memberikan fakta langsung

Kekurangan Wolframalpha

  1. Hanya memberikan data dan fakta tanpa ada pendapat

Referensi :

https://moz.com/beginners-guide-to-seo/how-search-engines-operate

https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web

https://gs.statcounter.com/search-engine-market-share/

0/Post a Comment/Comments